Beritanya...?
Berita Teraktual Dari Sumber-sumber Terpercaya

6 Tips agar Sehat dan Langsing di Tahun Baru


Tahun baru identik dengan resolusi dan target baru. Namun penting untuk menyadari bahwa target yang sudah dibuat sebaiknya tidak dicapai dengan instan.

Salah satu resolusi yang kerap dicanangkan adalah terkait perubahan gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.  Untuk perubahan yang satu ini, sebaiknya dilakukan secara perlahan untuk menciptakan suatu kebiasaan. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa keberatan untuk menjalaninya.

Bila resolusi Anda di tahun baru ini adalah untuk menjadi lebih sehat dan langsing, Anda dapat memulainya dari hal-hal sederhana.  Menurut koordinator program diabetes di Mount Sinai Medical Center New York, Amerika Serikat Alenka Ravnik-List, banyak orang begitu menggebu-gebu di awal tahun untuk melakukan perubahan terkait gaya hidupnya, namun upaya mereka kemudian sia-sia.

"Pada bulan Januari, biasanya orang memenuhi gym dan mengisi kereta belanja mereka dengan sayur-sayuran dan buah-buahan daripada kue dan keripik. Namun sayangnya hal ini hanya dilakukan di awal tahun, kemudian gagal setelahnya," ungkap Ravnik-List.

Kuncinya,  lanjut dia, Anda tak perlu merasa menderita ketika mengganti gaya hidup. Dan sekali lagi, lakukan perubahan gaya hidup dengan perlahan dan tidak perlu mengambil jalan ekstrem. Dengan mengubah gaya hidup, maka Anda juga dapat menurunkan berat badan.

Berikut adalah beberapa saran dari Ravnik-List agar resolusi dalam menurunkan berat badan Anda tak menguap di tengah jalan :

1. Jangan lewatkan sarapan.
Penelitian mengatakan selalu sarapan dapat membantu menurunkan berat badan.  Oleh karenanya, pertahankan jika Anda sudah memiliki kebiasaan baik ini, namun jika belum cobalah untuk membiasakan diri Anda.

2. Catat makanan yang Anda makan.
Menurut Ravnik-List, orang dengan catatan makanan rata-rata makan 15 persen lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

3. Berjalanlah.
Orang yang jarang bergerak rata-rata hanya berjalan sekitar 3.000 langkah perhari. Apabila Anda ingin menjaga bobot Anda saat ini maka tambahlah 3.000 langkah lagi, dan apabila Anda ingin menurunkan berat badan maka Anda membutuhkan lebih dari 10.000 langkah perhari.

4.  Pantau berat badan Anda seminggu sekali.
Dengan melakukan ini Anda bisa mendeteksi perubahan-perubahan kecil pada berat badan sehingga dapat lebih mudah mencapai target. Namun, jangan terlalu terpaku dengan timbangan sehingga Anda mengukur berat badan Anda setiap hari. Cukup seminggu sekali saja.

5. Perhatikan ukuran piring Anda.
Ukuran piring yang lebih besar cenderung membuat orang untuk mengambil makan lebih banyak. Maka cukup gunakan piring ukuran sedang, dengan diameter sekitar 8 sampai 9 inci. Perhatikan juga komposisi makanan yang Anda ambil. Isi separuhnya dengan sayur-sayuran berwarna dan separuhnya lagi dengan protein dan karbohidrat.

6. Tidak perlu terlalu ketat terhadap diri Anda. 
Jika Anda memiliki makanan favorit, jangan hukum diri Anda untuk menghindarinya. Moderasi yang paling penting di sini. Tetap makan namun batasi porsinya.

"Jika Anda mengikuti tips ini, maka kemungkinan tahun depan Anda tidak memasukkan permasalahan berat badan ke dalam resolusi Anda karena Anda sudah merasa baik secara fisik maupun psikis,” kata Ravnik-List.


Related Post:

Posting Komentar - Back to Content

Translate

Statistik

Arsip Blog

5 Entri Populer

Affiliates

Izzan-HackerSidapurna Technology

Followers

Iklan

one click to help progress this blog (satu klik untuk membantu kemajuan blog ini)
Diberdayakan oleh Blogger.