Beritanya...?
Berita Teraktual Dari Sumber-sumber Terpercaya
CyBer-4Line
More Than Creativity

20 Ribu Unggas Mati, Jatim Belum KLB Flu Burung


Pemerintah Provinsi Jawa Timur belum menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) atas matinya puluhan ribu unggas akibat terserang virus H5N1 atau flu burung. Namun, pemprov Jatim terus melakukan upaya untuk menghambat laju penyebaran virus flu burung tersebut.

"Belum masuk KLB. Namun ini masuk dalam bencana sehingga harus dilakukan upaya-upaya pencegahan. Sejumlah tenaga yang intens menghambat laju flu burung ini juga disediakan," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo.
Pakde Karwo (sapaan Soekarwo) mengaku memang ada mutasi fisik virus H5N1. "Dulu biasanya bebek tidak bisa terserang tapi kali ini malah menyerang itik," ujarnya.

Atas kondisi tersebut, ia juga meminta kepada sejumlah perguruan tinggi di Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas penelitian terkait virus tersebut. Soekarwo mencontohkan yang terjadi di kabupaten Kediri. Rupanya, meski sudah dilakukan penyemprotan desinfektan, ternyata di kabupaten tersebut kebobolan.

Selain dengan perguruan tinggi, pihak pemprov Jatim juga bekerjasama dengan pemerintah pusat dalam hal ini bidang pertanian dan peternakkan. "Sample dari unggas yang mati sudah kita kirim ke laboratorium untuk diteliti," tandasnya.

Soekarwo menganggap wabah flu burung yang menyerang kurang lebih 6 wilayah di Jawa Timur itu masuk dalam kategori bencana. Sehingga, penanganannya mirip dengan penanggulangan bencana. Bahkan, Pemprov Jatim menyediakan dana untuk menghambat laju penyebaran flu burung ini. Besaran dana yang disediakan tergantung kebutuhan. "Kami sediakan dana karena flu burung di Jawa Timur masuk dalam bencana. Berapapun besaran yang dibutuhkan kita sediakan," jelasnya.

Soekarwo juga menepis jumlah unggas yang mati akibat flu burung ini mencapai 20 ribu ekor. "Nggak sampai segitu. Paling sekitar 19 ribuan," kilahnya.


Related Post:

1 comment

22 Desember 2012 pukul 18.06

Atutt kna fluburung ahh

http://wis4nto.blogspot.com/

Posting Komentar - Back to Content

Translate

Statistik

Arsip Blog

5 Entri Populer

Affiliates

Izzan-HackerSidapurna Technology

Followers

Iklan

one click to help progress this blog (satu klik untuk membantu kemajuan blog ini)
Diberdayakan oleh Blogger.