Beritanya...?
Berita Teraktual Dari Sumber-sumber Terpercaya
CyBer-4Line
More Than Creativity

Berantas Korupsi, Sistem Politik Indonesia Harus Diubah


Banyaknya kasus korupsi di Indonesia ini, sebenarnya diakibatkan karena sistem politik yang mendukung untuk melakukan tindak pidana tersebut.

Menurut Komisioner Komisi Yudisial (KY), Jaja Ahmad Jayus, jalan keluar dalam pemberantasan korupsi di negeri ini, yakni dengan merubah sistem politik yang ada saat ini.

"Ada yang harus dirubah pada sistem politik kita,  karena membuka peluang untuk melakukan korupsi," kata Jaja, saat Polemik Sindo Radio, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/12/2012).

Jaja yang mengaku awam politik ini, menyadari kalau sistem politik Indonesia memerlukan suatu reward atau balas jasa ketika seseorang mempunyai keinginan berpolitik. "Dari sini muncullah korupsi yang dilakukan untuk membalas jasa terhadap suatu tindakan politik," tuturnya.

Jaja mencontohkan sistem politik yang membuka peluang korupsi yakni, ketika seorang maju sebagai kepala daerah dia pasti membutuhkan pendukung yang sangat banyak.

Dikatakannya, setelah dia menang dan menjadi kepala daerah cara orang tersebut membalas jasa dengan menurunkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada pendukungnya. "Itu salah satu contoh korupsi yang terjadi saat ini," imbuhnya.

Related Post:

Posting Komentar - Back to Content

Translate

Statistik

Arsip Blog

5 Entri Populer

Affiliates

Izzan-HackerSidapurna Technology

Followers

Iklan

one click to help progress this blog (satu klik untuk membantu kemajuan blog ini)
Diberdayakan oleh Blogger.