Beritanya...?
Berita Teraktual Dari Sumber-sumber Terpercaya
CyBer-4Line
More Than Creativity

IPA-IPS Dilebur, Anak-anak Kita Bisa Ketinggalan...


Alternatif peleburan mata pelajaran IPA dan IPS dengan mata pelajaran lain untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dalam kurikulum baru terus memunculkan berbagai kontroversi. Peleburan mata pelajaran ini ditakutkan akan mengakibatkan pendangkalan ilmu dan membuat generasi masa depan berkurang pemahaman tentang sains.

Sekretaris Jendral National Education Watch, Jonner Sipangkar, mengatakan bahwa pendidikan dasar mestinya menjadi awal mula anak-anak memperoleh landasan untuk melanjutkan ilmu pada jenjang berikutnya. Jika ilmu seperti IPA dan IPS tidak muncul pada tingkat dasar, maka pada tingkat selanjutnya dikhawatirkan penguasaan ilmu ini tidak akan optimal.

"Ada tiga yang selalu dilihat dari seluruh dunia dalam menjawab tantangan masa depan yaitu membaca, matematika dan sains," kata Jonner saat jumpa pers mengenai perubahan kurikulum di Reading Room, Kemang, Jakarta, Rabu (19/12/2012).

"Ini sains malah dilebur. Bagaimana menjawab tantangan masa depan? Takutnya kita malah ketinggalan dari negara lain," tambahnya.

Padahal salah satu alasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengubah kurikulum karena penelitian PISA dan TIMSS yang menempatkan Indonesia pada posisi rendah berdasarkan kualitas pendidikannya. Kedua riset tersebut melakukan penilaian yang salah satu komponennya adalah dari hasil pembelajaran sains di tiap jenjang sekolah.

"Nah kalau dilebur gini nanti penilaiannya bagaimana? Takutnya malah makin merosot lagi peringkatnya. Anak-anak juga tidak tuntas paham tentang sains dengan dilebur," ungkap Jonner.

Seperti diketahui, pihak kementerian memiliki dua alternatif mengenai mata pelajaran IPA dan IPS untuk jenjang SD yaitu dilebur dari kelas I-VI atau dilebur pada kelas I-III dan dimunculkan sebagai mata pelajaran pada kelas IV-VI. Dari dua alternatif ini, pemerintah tampaknya cenderung memilih alternatif peleburan dari kelas I-VI walaupun dikatakan masih menunggu hasil uji publik.


Related Post:

Posting Komentar - Back to Content

Translate

Statistik

Arsip Blog

5 Entri Populer

Affiliates

Izzan-HackerSidapurna Technology

Followers

Iklan

one click to help progress this blog (satu klik untuk membantu kemajuan blog ini)
Diberdayakan oleh Blogger.