Beritanya...?
Berita Teraktual Dari Sumber-sumber Terpercaya
CyBer-4Line
More Than Creativity

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Glaukoma


Penyakit glaukoma dapat menyebabkan hilangnya penglihatan seseorang. Kita harus waspada terhadap penyakit penyebab kebutaan nomor dua di dunia ini.

Berikut adalah jenis-jenis glaukoma menurut spesialis mata dari RS. Awal Bros, Tangerang, dr. R. Muhamad Ramdani.

Glaukoma sudut terbuka 
Glaukoma sudut terbuka, dinilai sebagai hilangnya fungsi penglihatan berbentuk bulatan hitam. Hal ini seperti melihat pada teropong yang memiliki sisi hitam pada semua bagian. Pada jenis ini, saluran tempat mengalirnya humor aqueus terbuka, namun cairan dari bilik anterior mengalir terlalu lambat. Secara bertahap tekanan akan meningkat (hampir selalu pada kedua mata) dan menyebabkan kerusakan saraf optikus, serta penurunan fungsi penglihatan yang progresif.

Glaukoma sudut tertutup 
Glaukoma sudut tertutup terjadi jika saluran tempat mengalirnya humor aquesus terhalang oleh iris. Ini ditandai dengan adanya cahaya redup. Pelebaran pupil menyebabkan penyumbatan aliran cairan karena terhalang oleh iris. Iris bisa menggeser ke depan dan secara tiba-tiba menutup saluran humor aqueus, sehingga terjadi peningkatan tekanan di dalam mata secara mendadak.

Galukoma sekunder
Glaukoma sekunder ini terjadi jika mata mengalami kerusakan akibat adanya peradangan, infeksi, penyakit mata yang mempengaruhi pengaliran humor aqueus dari bilik anterior. Penyebab lainnya adalah penyumbatan vena oftalmikus, cedera mata, pembedahan mata dan perdarahan ke dalam mata. Beberapa obat (misalnya kortikosteroid) juga bisa menyebabkan peningkatan tekanan intraokuler.

Glaukoma kongenitalis
Glaukoma kongenitalis sudah ada sejak lahir (faktor genetik). Ini terjadi akibat adanya gangguan perkembangan pada saluran humor aqueus. Glaukoma kongenitalis seringkali diturunkan. Untuk mengatasi glaukoma kongenitalis perlu dilakukan pembedahan.


Related Post:

Posting Komentar - Back to Content

Translate

Statistik

Arsip Blog

5 Entri Populer

Affiliates

Izzan-HackerSidapurna Technology

Followers

Iklan

one click to help progress this blog (satu klik untuk membantu kemajuan blog ini)
Diberdayakan oleh Blogger.